Kamis, 04 Desember 2014

Penetapan Risk and Reward



Kang Gun saya mo nanya, klu saya perhatikan bbrp OP teman2, penetapan risk & rewardnya lbh gede risk nya drpd rewardnya, pdhl klu TEORI MM yg baik kan risk < reward... nah gmn Kang Gun melihat hal ini... apakah hal tersebut tdk masalah untuk penetapan stoploss yg lbh jauh dr TP nya? krn kan yg kita idamkan bahwa reward > risk, jd umpanya kita salah analisa toh tidak mslh karena reward kita > dr risk. sebagai contoh analisa kita benar 60%, nah kalu TP > SL kan kita masi untung, tpi kalau TP kita 30-40 pips sdgkn kalau SL sekali smpe 100 pips kan bisa2 kita ga untung tpi buntung, meskipun analisa kita benar 60%... minta koreksi dan solusinys yah Kang... maturnuwun..

Kalo saya sih melihatnya OK OK aja... namanya analisa dan ketika kita memutuskan OP berarti kita sudah menghitung bahwa kecenderungan harga bergerak beberapa waktu ke depan adalah sesuai OP kita. Ingat, kita memutuskannya berdasarkan analisa. Dan penempatan SL diletakkan di area dimana ketika harga berada disitu artinya arah pergerakan harga sudah tidak sesuai lagi dengan analisa kita dan kemungkinan harga untuk berbalik ke tempat OP kita sudah sangat kecil atau membutuhkan waktu lama untuk bisa kembali kesana. Artinya itulah apes-apesnya kita... dari situ kita kan kemudian menghitung berapa $ yg sanggup kita hilang lalu mengkonversinya ke jumlah Lot yg akan kita buka.

Perbandingan Risk Rewardnya saya pikir masih masuk toleransi lah.. bro tahu berapa Risk rewards kalo kita berbisnis konvensional? OK katakan saya bikin pabrik air minum dan menginvestasikan 6M, bro tahu berapa % saya minimal memperoleh keuntungan bersih perbulannya ? 6 tahun pertama rata-rata saya hanya memperoleh 6 juta rupiah bersih.. itungan kasar tanpa memperhitungkan bahwa yg saya investasikan bisa dijual lagi artinya sama saja saya mempertaruhkan 2M untuk mendapatkan 6 juta perbulan. bagaimana kalo terjadi perang, bencana alam, tidak ada pelanggan, kalah bersaing etc (ini kisah nyata lho ya...). nah coba bandingkan dengan Risk Reward di forex yg dilakukan temen temen seperti yg bro pikirkan... Atau jual beli mobil deh... beli 60 jt dengan harapan dapat dijual paling-paling selisih paling bagus 5% dari harga beli... coba hitung berapa Risk rewards nya... Atau kalo mau saklek... yang udah bro alami deh... hitung biaya sekolah lengkap (iuran, buku, transport, makan, waktu etc) lalu coba lihat untungnya ketika bro bekerja dengan Gaji katakan 5 juta saja... berapa risk rewards nya... hehehehe

So, kita kembali ke konsep dasar "Kita tidak tahu kemana harga akan bergerak satu detik atau setahun kedepan" jadi apa yang kita lakukan dengan SL adalah meletakan berapa kerugian yang kita bisa terima untuk mengatasi konsep tadi.

KG